10 Rekomendasi Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Terbaik Android

Aplikasi penghitung kalori yang berguna untuk membantu mencatat asupkan kalori

Aplikasi Penghitung Kalori Makanan

10 Rekomendasi Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Terbaik Android – Di zaman yang serba kompleks saat ini, segala aktivitas dapat dilakukan atau diakses melalui smartphone. Mulai dari menghitung angka dengan kalkulator, aplikasi terjemahan, aplikasi peta offline, hingga aplikasi penghitung kalori.

Kalori adalah salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh kita, namun lebih banyak kalori yang disimpan dalam tubuh dan diubah menjadi cadangan makanan/lemak. Karena kelebihan kalori membuat kita gemuk akibat kelebihan lemak. Kebutuhan akan makanan dan jenis makanan tergantung dari kebutuhan makan kita, dengan menghitung kalori kita dapat melihat berapa kalori yang ada pada makanan tersebut dan sesuaikan dengan makanan kita.

Saat ini, berbagai metode diet untuk menurunkan berat badan disambut baik oleh banyak orang. Mencapai berat badan ideal dan menjaga kesehatan tubuh memerlukan berbagai pendekatan. Sayangnya, tidak banyak orang yang berhasil menyelesaikan rencana makan ini, yaitu gagal total. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kesalahan, seperti kurangnya kontrol terhadap asupan kalori. Bagi Anda yang sedang diet, belum lengkap rasanya tanpa menginstal aplikasi penghitung kalori makanan di ponsel Anda. Pasalnya, aplikasi ini membantu menghitung jumlah kalori di setiap makanan yang Anda konsumsi. Instal saja aplikasinya dari Play Store perangkat Android Anda dan Anda akan dapat mengetahui jumlah kalori dari nilai gizi makanan yang ingin Anda makan.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Rata-rata pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori per hari. Sebaliknya, wanita dewasa membutuhkan sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan kalori harian setiap individu dapat berbeda dari kasus ke kasus. Wanita hamil, misalnya, pasti membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan rata-rata wanita. Oleh karena itu, disarankan agar Anda menghitung sendiri kebutuhan kalori harian Anda.

Cara menghitung kebutuhan kalori bisa didapatkan dengan mempertimbangkan BMR seseorang dan tingkat aktivitas sehari-hari. Nah, rumus yang paling banyak digunakan para ahli gizi untuk menghitung BMR adalah rumus Harris-Benedict. Metode ini dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan dan tinggi badan. ini rumusnya:

  • Untuk Laki-Laki: (88,4 + 13,4 x Berat Badan Dalam Kilogram) + (4,8 x Tinggi Dalam Sentimeter) – (5,68 x Usia Dalam Tahun?
  • Untuk Perempuan: (447,6 + 9,25 x Berat Dalam Kilogram) + (3,10 x Tinggi Dalam Sentimeter) – (4,33 x Usia Dalam Tahun)

Setelah itu, kalikan perhitungan BMR ini dengan rata-rata aktivitas harian Anda dengan range antara 1,2–1,9, tergantung pada seberapa aktif seseorang setiap hari. Semakin rendah tingkat aktivitas harian, semakin sedikit aktivitas fisik seseorang.

Aplikasi Penghitung Kalori Makanan 1

Contoh Menghitung Kebutuhan Kalori

Sebagai contoh, seorang pekerja kantoran wanita berusia 25 tahun dengan berat badan 55 kg dan tinggi 160 cm memiliki aktivitas harian yang sangat sedikit karena sebagian besar pekerjaannya sehari-hari dilakukan dengan duduk. Jadi, BMR wanita ini adalah:

(447,6 + 9,25 x 55 ) + (3,10 x 160) – (4,33 x 25) 970,1 + 496 + 108.25

Karena wanita ini jarang berolahraga dengan mobilitas harian yang tidak terlalu aktif, tingkat aktivitas hariannya adalah 1,2. Artinya, agar tubuh tetap bekerja dengan normal, jumlah kalori yang dibutuhkan wanita ini per hari adalah 1.574,35 x 1,2 = 1889,22 kkal ~ 1900 kkal.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar. Anda dapat mengonsumsi makanan rendah kalori dan mencoba meningkatkan intensitas olahraga Anda.

Pada saat yang sama, jika Anda ingin menambah berat badan, Anda perlu menambah lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi setiap hari. Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi dan berkalori tinggi.

Jika Anda ingin menjaga berat badan ideal, maka seimbangkan jumlah kalori yang Anda konsumsi dengan jumlah kalori yang Anda bakar melalui aktivitas fisik.

10 Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Terbaik

Ingin tahu berapa banyak kalori dalam setiap makanan yang ingin Anda makan? Bingung cara menghitung kalori? Tenang saja, karena saat ini banyak aplikasi penghitung kalori di smartphone. Dengan cara ini, melalui genggaman tangan, anda sudah mampu mengikuti asupan kalori makanan yang anda konsumsi. Berikut adalah aplikasi-aplikasi penghitung kalori makanan yang kami rekomendasikan untuk Anda:

1. MyFitnessPall

Aplikasi Myfitnesspal

MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi penghitung kalori makanan yang paling banyak diunduh di iOS dan Google Play. Aplikasi penghitung kalori makanan ini dianggap memiliki database makanan terbesar dan membantu mengetahui jumlah kalori dari makanan yang Anda konsumsi.

Aplikasi penghitung kalori makanan ini bahkan bisa mengunduh resep dari internet dan menghitung kalorinya. Tidak hanya itu, MyFitnessPal juga dapat menyimpan data latihan Anda yang sudah selesai. Meskipun gratis, ada beberapa fitur yang hanya bisa dibuka jika Anda berlangganan MyFitnessPal.

2. Lose It!

Aplikasi Diet Lost It

Lose It! adalah aplikasi penghitung kalori makanan tempat Anda dapat menyimpan buku harian. Anda dapat menuliskan berbagai makanan yang Anda makan dan mengetahui jumlah kalorinya. Aplikasi ini juga dapat mengingatkan Anda jika Anda lupa mengisi buku harian makanan Anda.

Tak hanya itu, aplikasi penghitung kalori makanan ini mengklaim memiliki database restoran terkenal, supermarket, dan merek makanan populer. Lose It! adalah aplikasi penghitung kalori makanan yang dapat diunduh gratis. Namun untuk mendapatkan lebih banyak fitur, Anda perlu berlangganan dan menghabiskan sekitar Rp 572.000 per tahun.

3. FatSecret

Aplikasi FatSecret

Ingin mengunduh aplikasi penghitung kalori makanan gratis yang dikemas dengan banyak fitur? Coba FatSecret! Aplikasi penghitung kalori makanan ini tidak hanya memiliki database makanan, tetapi juga informasi nutrisi dari makanan yang Anda makan.

Plus, FatSecret mengklaim menawarkan resep sehat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Jangan khawatir, FatSecret telah merilis versi bahasa Indonesia. Bahkan, ada situs web FatSecret Indonesia tempat Anda dapat mendaftar dan melihat resep penurunan berat badan yang sehat. Aplikasi penghitung kalori ini tersedia untuk diunduh di App Store bagi pengguna produk Apple dan di Google Play bagi pengguna Android.

4. Cronometer

Aplikasi Cronometer

Cronometer merupakan aplikasi penghitung kalori yang dinilai fleksibel karena menyesuaikan dengan kebutuhan kalori pengguna. Misalnya, jika Anda sedang hamil atau menyusui. Timer menyesuaikan jumlah kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Tidak hanya itu, aplikasi penghitung kalori makanan ini juga dapat mengakomodir jenis diet tertentu seperti Paleo, Low Carb, Low Fat Vegetarian. Meskipun gratis untuk diunduh, Anda harus membayar sekitar Rp 42.000 per bulan untuk membuka berbagai fitur menarik lainnya dari Cronometer.

5. Fitbit

Aplikasi Fitbit

FitBit tidak hanya menghitung langkah dan menyimpan data latihan Anda, tetapi juga berfungsi sebagai aplikasi untuk menghitung kalori dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Aplikasi ini bahkan mampu menghitung jumlah karbohidrat, lemak, dan protein yang Anda konsumsi serta kalori yang masuk ke tubuh Anda. Aplikasi penghitung kalori makanan ini gratis untuk diunduh untuk iOS dan Android.

6. Lifesum

Aplikasi Diet Lifesum

Ingin sukses dengan program penurunan berat badan? Coba saja unduh aplikasi penghitung kalori bernama LifeSum. Aplikasi ini dapat sangat membantu perencanaan makan Anda dengan menghitung berapa langkah lagi yang perlu Anda ambil untuk membakar kalori dalam tubuh Anda. Menurut penggunanya, aplikasi penghitung asupan kalori makanan ini mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur motivasi yang akan membuat Anda lebih semangat menjalani gaya hidup sehat.

Anda dapat menggunakan aplikasi Lifesum untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda makan setiap hari. Penghitung kalori online ini juga bisa digunakan oleh mereka yang sedang menjalani diet ketogenik. Namun, kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp57.000 per bulan untuk menggunakan semua fitur Lifesum.

7. Diet MyNetDiary

Aplikasi Diet MyNetDiary

Aplikasi penghitung kalori berikutnya adalah MyNetDiary. Aplikasi penghitung kalori ini membantu Anda melacak berapa banyak kalori yang dikandung setiap makanan. Selebihnya, ada juga fitur barcode scanner untuk mengetahui nilai gizi yang terkandung dalam sebuah brand makanan atau snack.

Aplikasi penghitung kalori makanan ini menawarkan banyak fitur, mulai dari merencanakan makanan sehat, manajemen kesehatan, mencatat asupan cairan, bahkan menghitung langkah Anda selama aktivitas fisik! Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi penghitung kalori ini dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play!

8. Noom

Aplikasi Noom

Noom adalah aplikasi penghitung kalori makanan online yang membantu Anda memulai diet. Setelah mengunduh, Anda perlu memasukkan beberapa informasi, seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, dll.

Nantinya, aplikasi daftar kalori makanan ini bisa menunjukkan kepada Anda berapa banyak kalori yang perlu Anda konsumsi setiap hari untuk menurunkan berat badan. Dalam aplikasi ini Anda dapat melihat daftar makanan yang Anda makan setiap hari dan mengetahui jumlah kalori dari makanan tersebut.

Tak hanya itu, ada komunitas di mana setiap pengguna Noom menyumbangkan tips penurunan berat badan, lho! Namun perlu diingat bahwa Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp600.000 untuk mendaftar aplikasi penghitung kalori ini.

9. Hitung KaloriAplikasi Hitung Kalori

Hitung Kalori adalah aplikasi terlengkap untuk melihat daftar makanan dari berbagai makanan yang dikonsumsi di Indonesia, menyetujui makanan terkini dan pola makan. Maka penghitungan kalori adalah untuk mereka yang membutuhkan kalori untuk masuk ke dalam tubuh. Aplikasi buatan anak bangsa ini cocok untuk orang Indonesia, karena banyak list makanan lokal Indonesia. Selain menghitung kalori dari makanan, Anda juga bisa menuliskan target kalori yang masuk ke tubuh Anda setiap harinya.

10. GGL – Ga Gendut Lagi

APLIKASI DIET GA GENDUT LAGI GGL

Aplikasi GGL adalah jawaban buat kamu yang menginginkan badan impian. Menghitung kebutuhan kalori, mencatat progres diet, program olahraga berkelanjutan, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah dalam satu aplikasi. Download linknya DISINI

Aplikasi GGL akan membantumu:
– Menghitung kebutuhan kalori harian
– Membuat meal plan yang sehat setiap hari dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan
– Mengatur pola olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh
– Memonitor perkembangan proges dietmu setiap minggunya
– Memahami pola diet yang sehat dengan konten yang telah disediakan
– Konsisten diet dengan bantuan member komunitas GGL
– Meraih badan impian tanpa bantuan obat dan suplemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *