Pengertian Kesehatan Mental? Simak Penjelasannya!

Pengertian Kesehatan Mental Menurut Beberapa Ahli

PENGERTIAN KESEHATAN MENTAL

Pengertian Kesehatan Mental? Simak Penjelasannya! – Fisik dan mental adalah kesatuan yang ada dalam keberadaan individu. Nah kesehatan individu juga mencakup kesehatan fisik dan mental, kondisi fisik seseorang dapat mempengaruhi kondisi mental/jiwanya, dan sebaliknya kondisi mental/jiwa seseorang dapat mempengaruhi kondisi fisiknya. Contohnya ketika seseorang mengalami depresi dapat sangat mempengaruhi nafsu makan dan pola tidurnya, sebaliknya nutrisi yang didapat tubuh dari makanan dapat mempengaruhi kecerdasan seseorang.

Kesehatan mental berasal dari istilah mental hygiene/health atau ilmu kesehatan mental. Ilmu kesehatan jiwa adalah ilmu psikologi atau perawatan psikologis yang bersifat preventif, dengan tujuan mencegah gangguan penyesuaian dan meningkatkan kesehatan jiwa. Objek penelitiannya adalah mempelajari kondisi psikologis manusia dengan melihat manusia sebagai keseluruhan psikofisik yang kompleks. Psikofisika adalah kondisi psikologis dan fisiologis terkait yang ada pada individu.

Pengertian Kesehatan Mental Menurut Schneider

Menurut Schneiders, kesehatan mental adalah ilmu yang mengembangkan dan menerapkan seperangkat prinsip praktis yang bertujuan untuk mencapai dan memelihara kesehatan mental dalam organisme manusia dan mencegah gangguan mental dan penyesuaian diri.

Pengertian Kesehatan Mental Menurut Assagioli (Ihrom, 2008)

Assagioli (Ihrom, 2008) mendefinisikan kesehatan mental sebagai perwujudan integritas kepribadian, keselarasan dengan identitas, pertumbuhan menuju realisasi diri dan realisasi diri, serta hubungan yang sehat dengan orang lain.

Pengertian Kesehatan Mental Menurut WHO (World Health Organization)

Menurut WHO, Kesehatan mental adalah suatu keadaan sejahtera dimana individu sadar akan kemampuannya, mampu mengatasi tekanan yang dialami dalam hidup, mampu bekerja secara produktif dan antusias, serta mampu berkontribusi pada komunitasnya. Kesehatan mental mencakup situasi dimana individu tidak mengalami nyeri dan aktif tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuannya.

Jadi, Apa Itu Kesehatan Mental?

PENGERTIAN KESEHATAN MENTAL DAN JIWA

Yang dapat disimpulkan tentang konsep kesehatan mental adalah bahwa kesehatan mental adalah keadaan dimana berada pada tingkat atau kondisi kesehatan jiwa yang optimal, mampu menikmati hidup secara seimbang, mampu beradaptasi dengan tantangan hidup, mampu berkontribusi dalam kehidupan sosial, budaya dan Agama juga berperan dalam memberikan batasan yang sehat atau batasan yang tidak sehat. Pada saat yang sama, dalam arti yang lebih positif, kesehatan mental adalah dasar untuk mencapai kesejahteraan individu dan berfungsi secara efektif di masyarakat.

Batasan-Batasan Dalam Kesehatan Mental

  1. Seseorang yang baik atau peduli pada dirinya memiliki kemampuan untuk memahami kepribadian dan sikapnya dengan lebih baik;
  2. Pertumbuhan, perkembangan serta perwujudan yang baik;
  3. Kestablian mental, kesatuan pandangan dan ketahanan diri terhadap segala bentuk tekanan;
  4. Otonomi atau kendali diri yang merupakan suatu kemampuan dalam mengatur perilaku diri sendiri baik atas pengaruh internal diri sendiri atau dari faktor eksternal dari diri seseorang;
  5. Persepsi atau pandangan seseorang mengenai kenyataan, terbatas dari penyimpangan kebutuhan, dan juga memiliki sikap empati dan kepekaan sosial terhadap kondisi lingkungan disekitarnya;
  6. Kemampuan untuk menguasai serta terhubung dengan lingkungan

Keterbatasan kesehatan mental ini menunjukkan hubungan dalam fungsi mental. Tubuh dan masyarakat yang ada dalam diri individu. Bila kendala-kendala tersebut terpenuhi, seseorang dapat dikatakan dalam keadaan sehat jiwa. Kesehatan mental berarti ada keseimbangan dalam diri sendiri, hubungan seseorang dengan orang lain dan masyarakat, dan individu memahami bagaimana memperbaiki kondisi tersebut.

Hubungan Antara Perilaku Kesehatan Dengan Kesehatan Mental

Sebagaimana dinyatakan dalam tujuan ilmu kesehatan mental, yaitu memusatkan perhatian pada perawatan psikologis atau psikologis yang bersifat preventif dan ditujukan untuk mencegah pengaturan diri dan meningkatkan kesehatan mental, diperlukan perilaku yang sehat. Perilaku sehat adalah perilaku yang mendorong berfungsinya kesehatan dan membantu mencegah penyakit, dalam hal ini penyakit yang dimaksud adalah kondisi fisik atau mental. WHO dan organisasi perawatan kesehatan lainnya telah menjadikan peningkatan kesehatan mental sebagai prioritas utama di negara maju dan berkembang.

Hubungan diantara perilaku kesehatan dengan kesehatan mental adalah sebagai berikut:

  1. Secara umum, peran perilaku kesehatan terhadap status kesehatan adalah bahwa gejala yang tidak terlihat seperti penyakit kardiovaskular dan kanker berhubungan dengan konsumsi alkohol, merokok, pola makan yang buruk, dan gaya hidup yang tidak aktif.
  2. Perilaku sehat juga menentukan penyebaran gejala yang dapat diidentifikasi, seperti HIV melalui seks bebas dan jarum suntik bersama
  3. Perilaku kesehatan individu sangat bergantung pada kesehatan mental, seperti gangguan mental atau kondisi stres yang mempengaruhi perilaku hidup sehat mereka

Atas dasar ini, perilaku kesehatan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kondisi fisik dan mental saling berkaitan, sehingga pengobatan tidak boleh spesifik pada satu kondisi, tetapi harus seimbang dengan kondisi fisik dan mental individu, karena kondisi fisik dan mental saling mempengaruhi. Sehingga mencapai kesehatan mental yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *