10 Rekomendasi Monitor Gaming Murah Terbaik

Rekomendasi monitor gaming murah yang terbaik

Monitor Gaming Terbaik dan Termurah

10 Rekomendasi Monitor Gaming Murah Terbaik – Secara fungsi monitor gaming tidak jauh berbeda dengan monitor lain yang sering kita gunakan untuk bekerja. Monitor gaming dirancang untuk memaksimalkan kartu grafis dan output CPU Anda saat bermain game. Monitor gaming bertanggung jawab untuk menampilkan hasil akhir yang diberikan dan diproses oleh komputer, tetapi monitor dapat sangat bervariasi dalam representasi warna, gerakan, dan ketajaman gambar. Saat mempertimbangkan apa yang harus disertakan dalam monitor gaming, Anda perlu meluangkan waktu untuk memahami semua hal yang dapat dilakukan oleh monitor game sehingga Anda dapat menerjemahkan spesifikasi dan pemasaran monitor ke dalam kinerja sebenarnya.

Meskipun monitor gaming hadir dalam desain yang berbeda, termasuk merek, ada beberapa faktor penting yang harus dipahami pengguna untuk mendapatkan perangkat terbaik. Seperti resolusi, kecepatan refresh, waktu respons, sinkronisasi adaptif, jenis panel, gamut warna, dan dukungan konektivitas.

Tips Memilih Monitor Gaming

1. Pilihlah Monitor Gaming Yang Beresolusi Tinggi

Resolusi adalah kompinen utama dari setiap monitor. Resolusi mengukur lebar dan tinggi layar dalam piksel, atau “elemen gambar”, titik-titik kecil cahaya yang membentuk gambar. Misalnya, layar 2.560 × 1.440 memiliki total 3.686.400 piksel. Monitor gaming normal hadir dengan full HD atau 1080p pada resolusi minimum. Ada juga monitor gaming dengan resolusi 4K UHD. Untuk menentukan resolusi mana yang benar, Anda harus mencocokkan game yang Anda mainkan. Misalnya, jika Anda suka bermain game FPS, monitor dengan resolusi full HD atau 1080p sudah cukup. Layar 1080p memiliki waktu respons yang lebih cepat dan input lag yang lebih rendah, sehingga cocok untuk game yang membutuhkan refleks cepat dan presisi tinggi. Sedangkan jika Anda lebih suka bermain game RPG, monitor dengan resolusi Quad HD atau 1440p, atau bahkan 4K UHD adalah pilihan yang tepat. Resolusi yang lebih besar memberi Anda detail gambar yang lebih akurat. Namun perlu diingat bahwa semakin tinggi resolusinya, semakin besar ukuran layar monitornya.

2. Pastikan Monitor Gaming Memiliki Fitur Refresh Rate Yang Tinggi

Refresh rate merupakan salah satu fitur monitor yang harus diperhatikan sebelum membeli monitor gaming. Refresh rate adalah berapa kali layar me-refresh frame per detik. Secara umum, monitor PC biasa hanya hadir dengan kecepatan refresh standar 60Hz. Ini berarti monitor me-refresh frame 60 kali per detik.

Refresh rate yang lebih tinggi membuat gerakan di layar tampak lebih mulus karena layar memperbarui posisi setiap objek lebih cepat. Ini dapat memudahkan pemain kompetitif untuk melacak musuh dalam first-person shooter, atau membuat layar terasa lebih responsif saat Anda menggulir halaman web atau membuka aplikasi di ponsel Anda.

Laju respons diukur dalam Hertz: Misalnya, laju respons 120Hz berarti bahwa layar memperbarui setiap piksel 120 kali per detik. Sementara 60Hz pernah menjadi standar untuk monitor PC dan smartphone, produsen semakin mengadopsi kecepatan refresh yang lebih tinggi.

Keuntungan melompat dari 60Hz ke 120Hz atau 144Hz jelas bagi sebagian besar gamer, terutama di game orang pertama yang bergerak cepat. (Namun, Anda hanya akan melihat manfaatnya jika Anda juga memiliki GPU yang cukup kuat untuk membuat bingkai lebih dari 60fps pada resolusi dan pengaturan kualitas yang Anda pilih).

3. Cari Monitor Gaming Yang Mempunyai Respon Time Yang Rendah

Fitur selanjutnya yang sering Anda dengar saat memilih monitor gaming adalah response time. Spesifikasi ini sering disalahartikan sebagai refresh rate. Padahal keduanya merupakan dua fungsi yang sangat berbeda. Respon time adalah kecepatan piksel pada layar berubah warna – biasanya menggunakan transisi GTG (abu-abu-ke-abu-abu), yang berarti seberapa cepat layar menampilkan perubahan dari satu warna abu-abu ke warna abu-abu lainnya.

Respon time mengukur waktu, dalam milidetik, yang dibutuhkan piksel untuk berubah warna. Waktu respons yang lebih rendah berarti lebih sedikit artefak visual, seperti gerakan kabur atau “lintasan” di belakang gambar bergerak. Respon time harus cukup cepat untuk mengikuti kecepatan refresh. Misalnya, pada monitor 240Hz, bingkai baru dikirim ke layar setiap 4,17 milidetik (1.000/240 = 4,17).

Semakin pendek respon time, semakin baik. Plus, respon time yang lebih cepat menghilangkan efek bayangan atau tanda-tanda objek bergerak di layar yang mungkin mengganggu Anda selama pemutaran. Untuk ukuran monitor gaming, disarankan untuk mencari monitor gaming dengan response time di bawah 5ms. Saat ini juga sudah banyak monitor gaming dengan response time super cepat hanya 1 milidetik.

4. Tentukan Jenis Panel Sesuai Dengan Kebutuhan

Dua jenis panel layar yang sering digunakan pada monitor gaming. Yang pertama adalah panel TN atau panel nematic bengkok dan yang kedua adalah panel IPS atau panel switching in-plane. Monitor dengan panel TN relatif lebih murah daripada monitor IPS. Selain itu, tampilan TN memiliki waktu respons yang lebih cepat dan kecepatan refresh yang lebih tinggi. Namun sayangnya, panel jenis ini kurang nyaman digunakan karena gambar tidak memiliki sudut pandang yang lebar. Artinya, jika Anda melihat monitor dari tepi gambar, maka akan terlihat buram, tidak tajam, dengan warna buram

a. Panel Type TN

TN adalah singkatan dari Twisted Nematic. Monitor dengan panel TN sangat populer di dunia game karena lebih murah dan menawarkan kecepatan refresh dan waktu respons yang lebih baik daripada IPS dan VA.

Namun, jika dilihat dari samping, tampilan panel TN sering berubah warna. Dalam arti tertentu, panel TN memiliki sudut pandang yang lebih kecil, terutama dari samping. Akurasi warna juga tidak sebagus IPS, meski masih bisa dibilang lebih dari cukup. Waktu respons ultra-tinggi dan kecepatan refresh piksel menjadikan monitor panel TN pilihan pertama bagi para gamer.

b. Panel Type VA

VA singkatan dari keselarasan vertikal. Panel VA menawarkan kontras tinggi, layar warna cerah, dan mampu menampilkan warna hitam lebih baik daripada TN dan IPS.Dalam hal akurasi warna dan sudut pandang, panel VA berada di antara panel IPS dan TN. Salah satu kelemahan panel VA adalah mereka cenderung memiliki tingkat respons yang lebih rendah, sehingga pengguna sering mengeluh tentang ghosting saat bermain game. Jika digunakan untuk memainkan game jenis permainan cepat, ini pasti buruk.

5. Tentukan Ukuran Monitor Yang Tepat Sesuai Kenyamanan Anda

Ukuran monitor menentukan kinerja. Tips terakhir dalam memilih monitor gaming adalah dengan menyesuaikan ukuran monitor berdasarkan game yang dimainkan dan ukuran ruangan. Bagi yang suka bermain game fast reflex mode seperti FPS, layar monitor 24 inci hingga 27 inci sebenarnya sudah lebih dari cukup. Namun jika Anda membutuhkan monitor yang besar karena Anda suka bermain game RPG, silakan pilih monitor di atas 27 inci, asalkan ruangannya cukup besar dan anggarannya cukup.

10 Rekomendasi Monitor Gaming Murah Terbaik

Nah, kini saatnya kami akan memberikan rekomendasi monitor gaming berdasarkan hasil riset kami melalui tingkat penjualan, rating ulasan pembeli, review pembeli dari beberapa marketplace yang ada di Indonesia.

1. LG 23.8” UltraGear™ Full HD IPS 1ms (GtG) Gaming Monitor

LG 23.8” UltraGear™ Full HD IPS 1ms (GtG) Gaming Monitor adalah monitor gaming ultra-cepat. Dilengkapi dengan respon cepat GTG 1ms, monitor IPS ini meminimalkan blur saat bermain game. Kemudian refresh rate 144 Hz ultra-cepat membuat visual tampak lebih halus. Dapatkan refleks cepat saat membidik target. Selain itu, monitor LG ini mendukung HDR10 pada 99% gamut warna sRGB.

LG 23.8 UltraGear™ Full HD IPS 1ms GtG Gaming Monitor

Spesifikasi Teknis LG 23.8” UltraGear™ Full HD IPS 1ms (GtG) Gaming Monitor

  • Ukuran : 24 Inchi
  • Refresh Rate : 144 Hz
  • Panel : IPS
  • Resolusi Layar : 1920 x 1080 (Full HD)
  • Response Time : 1 ms
  • Input Terminal : HDMI x 2, Display Port x 1
  • Jenis Monitor : Adjustable Flat Monitor

2. Xiaomi – Mi Curved Gaming Monitor 34″

Rasakan sensasi bermain game di monitor lengkung ultra-lebar, Coba gunakan monitor gaming terbaik Xiaomi -Mi Curved Gaming Monitor. Kualitas warna hingga 121% sRGB pada monitor panel VA 34″ ini. Resolusi Quad HD yang lebar, ditambah dengan kelengkungan 1500R, membuat Anda lebih fokus dan tenggelam dalam permainan Anda. Desain unik dengan manajemen kabel magnetik di belakang layar membuat produk ini terlihat lebih cantik dan elegan. Plus, refresh rate yang tinggi membuat monitor ini layak ditambahkan ke daftar keinginan monitor gaming Anda!

Mi Curved Gaming Monitor 34

Spesifikasi Teknis Xiaomi – Mi Curved Gaming Monitor 34″

  • Ukuran : 34 Inchi
  • Refresh Rate : 144 Hz
  • Panel : VA
  • Resolusi Layar : 3440 x 1440 (WQHD / 2K)
  • Response Time : 4 ms
  • Input Terminal : HDMI 2.0 x 2, Display Port 1,4 x 2
  • Jenis Monitor : Curved Monitor (1500R)

3. AOC – 23,8″ FreeSync Premium Gaming Monitor

Screen tearing dan stuttering tidak hanya memengaruhi kinerja game, tetapi juga suasana saat abda bermain game. Monitor AOC 23,8″ FreeSync Premium seharga 3 juta besutan AOC ini bisa jadi solusinya. Ini berkat AMD FreeSync Premium, yang memungkinkan kecepatan refresh monitor selalu sinkron dengan CPU. Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki dudukan yang dapat disesuaikan untuk Anda mengatur posisi monitor. Dengan teknologi bebas kedip, mata Anda tidak akan mudah lelah bahkan setelah sesi bermain game yang lama.

AOC 238 FreeSync Premium Gaming Monitor

Spesifikasi Teknis AOC 23,8″ FreeSync Premium Gaming Monitor

  • Ukuran : 24 Inchi
  • Refresh Rate : 144 Hz
  • Panel : IPS
  • Resolusi Layar : 1920 x 1080 (FULL HD)
  • Response Time : 1 ms
  • Input Terminal : VGA x 1, HDMI 1,4 x 2, Display Port 1,2 x 1
  • Jenis Monitor : Adjustable Flat Monitor

4. ACER KA2 – KA242Y

Apakah Anda baru di dunia game? Jika iya, monitor ini mungkin bisa menjadi pilihan pertama Anda. Acer KA2 memiliki spesifikasi yang cukup baik dan relatif terjangkau untuk gamer pemula. Monitor ini memiliki panel IPS dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan kecepatan refresh 75 Hz. Dengan cara ini, Anda dapat memulai dan bereksperimen dengan beberapa jenis permainan sambil melatih keterampilan bermain Anda.

acer ka242y Monitor Gaming

Spesifikasi Teknis Acer KA2 – KA242Y

  • Ukuran : 24 Inchi
  • Refresh Rate : 75 Hz
  • Panel : IPS
  • Resolusi Layar : 1920 x 1080 (FULL HD)
  • Response Time : 1 ms
  • Input Terminal : VGA x 1, HDMI x 1
  • Jenis Monitor : Flat Monitor

5. MSI – MPG Artymis 273CQR

Bagi anda sang maniak game, menggunakan monitor dari MSI ini sangat di rekomendasikan. Monitor MPG Artymis 273CQR memiliki lampu LED RGB di belakang monitor. Dengan LED ini, Anda dapat mengekspresikan dan mengubah warna sesuai keinginan Anda. Plus, Anda dapat menambahkan strip LED ekstra untuk menjaga ruang bermain Anda tetap dingin. Untuk menyinkronkannya, gunakan aplikasi Mystic Light MSI.

MSI - MPG Artymis 273CQR

Spesifikasi Teknis MSI-MPG Artymis 273CQR

  • Ukuran : 27 Inchi
  • Refresh Rate : 165 Hz
  • Panel : VA
  • Resolusi Layar : 2560 x 1440 (QHD/2K)
  • Response Time : 1 ms
  • Input Terminal : HDMI 2.0 x 2, DisplayPort 1.2 x 1, USB Type-C (DP alternate mode) x 1
  • Jenis Monitor : Curved monitor (1000R)

6. Samsung 27″ Odyssey G7

Samsung Odyssey G7 adalah monitor layar lengkung pertama dengan kelengkungan 1000R. Sudut melengkung monitor lebih melengkung daripada monitor melengkung standar 1800R. Monitor gaming futuristik ini ditujukan untuk para penggemar teknologi, gamer yang menginginkan visual terbaik, dan pemain esports profesional. Monitor Samsung Odyssey G7 memiliki layar 27 inci dengan rasio 16:9. Resolusi layarnya mencapai Quad HD 2560 x 1440 piksel. Monitor ini juga mendukung HDR600, sehingga dapat meningkatkan kontras gambar dengan warna hitam yang lebih pekat dan putih yang lebih cerah. Anda dapat dengan jelas melihat objek dalam gambar gelap.

samsung 27 odyssey g7

Spesifikasi Teknis Samsung 27″ – Odysses G7

  • Ukuran : 27 Inchi
  • Refresh Rate : 240 Hz
  • Panel : VA
  • Resolusi Layar : 2560 x 1440 (WQHD/2K)
  • Response Time : 1 ms
  • Input Terminal : HDMI 2.0 x 1, DisplayPort 1.4 x 2
  • Jenis Monitor : Curved monitor (1000R)

7. ViewSonic 32″ 4K Gaming Monitor XG3220

Aspek permainan kini tidak hanya tentang jalan cerita dan gameplay, grafis kini menjadi nilai jual bagi pengembang untuk menyempurnakan permainan. Selain itu, perkembangan teknologi monitor untuk gaming kini semakin kompleks. Anda tidak hanya akan dimanjakan oleh gameplay yang halus, tetapi juga oleh visual yang indah. Alhasil, ViewSonic, salah satu produsen monitor terbesar di dunia, meluncurkan monitor gaming dengan ukuran layar 32 inci yang mampu menampilkan gambar beresolusi 4K (Ultra High Definition), yakni XG2220. Monitor dari Viewsonic ini memiliki gamut warna yang lebar. Anda tidak hanya dapat memainkan game di PC, tetapi Anda juga dapat memainkan game di konsol seperti PS4 atau Xbox One.

VIEWSONIC 4K Gaming Monitor 32 Inch XG3220

Spesifikasi Teknis ViewSonic 4K Monitor Gaming 32″ XG3220

  • Ukuran : 32 Inchi
  • Refresh Rate : 60 Hz
  • Panel : VA
  • Resolusi Layar : 3840 x 2160
  • Response Time : 5 ms
  • Input Terminal : HDMI 2.0 x 2, DisplayPort x 1
  • Jenis Monitor : Flat Monitor

8. Asus VG278QR Gaming Monitor

Dengan beragamnya kebutuhan gamer saat ini, tren bermain game kini mulai bergeser ke level yang lebih tinggi. Selain itu, bagi para gamer yang sudah memasuki dunia profesional atau yang berprofesi sebagai pemain eSports tentunya membutuhkan monitor dengan berbagai fitur khusus untuk memenuhi kebutuhannya. Produsen perangkat keras dan laptop ternama Asus memiliki jajaran monitor gaming terbaru, VG278QR. Asus VG278QR yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 5 jutaan ini memiliki sejumlah fitur menarik dan dikatakan bisa memenuhi kebutuhan gamer profesional. Sebut saja penggunaan response time yang sangat rendah, teknologi dynamic refresh rate, refresh rate yang lebih tinggi dari rata-rata monitor LCD konvensional, dll.

ASUS MONITOR GAMING

Spesifikasi Teknis Asus VG278QR Gaming Monitor

  • Ukuran : 27 Inchi
  • Refresh Rate : 165 Hz
  • Panel : TN
  • Resolusi Layar : 1920 x 1080 (Full HD)
  • Response Time : 0.5 ms
  • Input Terminal : HDMI 1.4 x 1, DisplayPort 1.2 x 1, Dual-Link DVI x 1
  • Jenis Monitor : Adjustable Flat Monitor

9. Dell S2721DGF 27″ Gaming Monitor

Produk Dell ini memiliki layar 27 inci dengan resolusi Quad HD. Monitor dengan panel tipe IPS ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati gambar berkualitas film. Desainnya juga unik, karena terdapat lubang ventilasi di bagian belakang layar, sirkulasi udara, response time 1ms, dan dengan refresh rate 165Hz, performa bermain game FPS sangat baik. Monitor ini mendukung sinkronisasi adaptif berupa NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync Premium.

Dell 27 Gaming Monitor S2721DGF

Spesifikasi Teknis Asus VG278QR Gaming Monitor

  • Ukuran : 27 Inchi
  • Refresh Rate : 144-165 Hz
  • Panel : IPS
  • Resolusi Layar : 2560 x 1440 (QHD)
  • Response Time : 1 ms
  • Input Terminal : HDMI 2.0 x 2, DisplayPort 1.4 x 1
  • Jenis Monitor : Adjustable Flat Monitor

10. Lenovo G25 – 10 Gaming Monitor

Tidak ada yang menghentikan Anda dari bermain game di monitor Lenovo G25-10. Monitor Full HD 24,5 inci ini memiliki frame rate tinggi dan warna cerah, cocok untuk penggemar esports. Kecepatan refresh 144 Hz yang lebih cepat dan waktu respons 1 ms yang cepat, memungkinkan Anda menikmati pengalaman bermain game yang mulus. Monitor ini dilengkapi teknologi NVIDIA® G-SYNC® Compatible* untuk visual yang mulus tanpa layar yang sobek. Dilengkapi dengan teknologi pelindung mata, layar anti-silau, dan dudukan pengangkat 110mm, G25-10 membuat Anda tetap bermain game untuk waktu yang lama. Salah satu produk bersertifikat ENERGY STAR paling efisien tahun 2020, produk ini mengurangi jejak karbon Anda sekaligus mengurangi konsumsi daya.

Lenovo G25 10 Gaming Monitor review

Spesifikasi Teknis Asus VG278QR Gaming Monitor

  • Ukuran : 25 Inchi
  • Refresh Rate : 144 Hz
  • Panel : TN
  • Resolusi Layar : 1920 x 1080 (Full HD)
  • Response Time : 1 ms
  • Input Terminal : HDMI 1.4 x 1, DisplayPort 1.2 x 1
  • Jenis Monitor : Flat Monitor

Kesimpulan

Mengetahui apa yang harus dicari di monitor game tergantung pada banyak pilihan yang Anda buat dengan komputer Anda. Monitor modern sering kali dapat membantu Anda menghindari bingkai yang jatuh, jeda input, dan artefak visual yang umum pada teknologi lama, tetapi nilai peningkatan resolusi dan kemampuan gerak bervariasi dari satu pemain ke pemain lainnya. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *